Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Khasiat Minyak ZaitunMinyak Zaitun dan Khasiatnya Untuk Kesehatan Tubuh Manusia – Minyak zaitun merupakan lemak dari hasil perasan buah pohon zaitun yang memiliki nama latin Olea Europea. Minyak ini merupakan salah satu minyak yang sangat baik untuk kesehatan karena buah zaitun memiliki kadar lemak tak jenuh yang tinggi.

Oleh karena itu banyak orang yang ingin hidupnya lebih berkualitas menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng di rumah atau dicampurkan langsung ke dalam menu makanan. Meskipun harganya tergolong mahal, namun hasilnya sebanding dengan kualitas kesehatan yang diperoleh.

Selain mencegah penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular, minyak zaitun juga dapat mengobati masalah masalah yang ada di dalam tubuh. Minyak zaitun dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh manusia ini dikarenakan kandungan senyawa anti oksidan yang ada di dalamnya.

Minyak Zaitun dan Khasiatnya Dengan Kandungan Anti Oksidan Hydroxytyrosol

Salah satu senyawa anti oksidan yang paling utama di dalam minyak zaitun disebut dengan hydroxytyrosol yang dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah kerusakan sel. Anti oksidan ini tergolong dalam jenis polifenol yang sangat baik untuk mencegah terjadinya peradangan (inflamasi).

Oleh karena itu zaitun sangat baik untuk menurunkan resiko seseorang terkena penyakit jantung, pembuluh darah, diabetes, dan kanker. Bahkan penyakit akibat infeksi virus seperti TBC, HPV, dan HIV juga dapat dilawan oleh anti oksidan dari minyak zaitun ini.

Buah zaitun sejak dahulu kala sudah digunakan untuk konsumsi kaum bangsawan dan elit dari daerah mediterania supaya tetap awet muda dan berumur panjang. Karena pada faktanya ada pohon zaitun dapat hidup sampai berumur 2000 tahun di daerah Palestina.

Seiring dengan perkembangan zaman minyak zaitun dan khasiatnya terus digali oleh para ahli kesehatan untuk digunakan sebagai bahan baku obat yang alami. Hal ini tidak lepas dari kandungan lemak tak jenuh (asam oleat) yang terkandung di dalam buah zaitun sangat tinggi.

Penggunaan minyak zaitun sebagai bahan pelengkap diet rendah lemak juga sudah banyak digunakan dan memberikan dampak yang sangat positif. Kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida di dalam tubuh dapat ditekan karena kandung kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam minyak zaitun.

Selain itu lemak tak jenuh di dalam minyak zaitun dapat mencegah sel dari kerusakan dengan cara memperkuat dinding (membran) sel sehingga tidak mudah mengalami peradangan (inflamasi).  Ditambah dengan hydroxytyrosol yang dapat meregenerasi sel yang mengalami kerusakan dan mencegah terjadinya penuaan dini pada tubuh manusia.

Info Kesehatan: Tips-tips Sehat Sederhana Yang Patut Dicoba

Itulah beberapa hal penting tentang minyak zaitun dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh manusia yang penting untuk Anda ketahui. Mulailah ganti minyak di rumah Anda dengan minyak zaitun untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik dan bebas dari resiko penyakit penyakit yang berbahaya mengintai setiap saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *