Waspadai Kerusakan Otak Akibat Radiasi Sinyal HP

Bahaya dan Pengaruhnya Radiasi Sinyal Handphone Terhadap Otak –

bahaya radiasi hp ke organ otak

Di era yang semakin modern ini penggunan ponsel/handphone merupakan suatu kebutuhan, banyak yang tidak menyadari kalau ponsel yang digunakan dapat mengirimkan gelombang radiasi ke dalam otak mereka. Setiap ponsel memiliki spesifikasi ukuran energi gelombang mikro yang dapat menembus ke dalam organ otak seseorang tergantung pada seberapa dekat ponsel dengan kepala. Berdasarkan penelitian, umumnya 60 persen dari radiasi gelombang mikro yang diserap dan menembus daerah sekitar kepala.
Walaupun efek dari radiasinya relatif kecil seperti pusing, tapi lama kelamaan bisa jadi masalah serius apabila berlangsung secara terus menerus dalam waktu yang lama. WHO sangat menganjurkan agar pemakaian handphone terutama di kalangan usia anak anak apabila ingin menggunakan ponsel sebaiknya dengan menggunakan hands-free guna untuk meminimalkan resiko yang mungkin terjadi, karena perkembangan sel otak dalam usia anak anak yang sedang mengalami pertumbuhan. Hubungannya Dengan Sistem Saraf Di Otak
Sistem saraf manusia terbagi atas sistem saraf tepi dan sistem saraf pusat. Sistem saraf tepi adalah semua serabut saraf yang terdapat sumsum tulang belakang, dan yang dimaksud sistem saraf pusat adalah bagian yang mengatur kerja saraf tepi yang terdapat di otak, batang otak, dan sumsum belakang. Selaput otak mempunyai serabut saraf yang dapat menerima rasa sakit, jika seseorang usai menggunakan telepon genggam maka daerah sekitar kepala akan terasa panas akibat dari efek radiasi telepon genggam tersebut. Para peneliti mengatakan radiasi elektromagnetik dari telepon genggam dapat merusak sel genetik / DNA dan mengakibatkan munculnya sel kanker otak.
Pada penderita kanker, otak akan mengalami pembesaran volume, sedangkan ukuran wadahnya yang dibatasi tulang tengkorak tidak berubah. Sehingga mengakibatkan terjadi naiknya tekanan di dalam rongga kepala. Kenaikan tekanan ini akan menyebabkan penekanan pada selaput otak sehingga penderita mengeluh sakit kepala.
Pembesaran volume otak juga mengakibatkan naiknya tekanan cairan otak menghasilkan LCS (cairan otak yang dihasilkan melalui proses di empat rongga yang terdapat di dalam otak), maka akan terjadi gangguan aliran LCS pada salah satu bagian tersebut pada orang yang terkena infeksi radiasi telepon genggam menyebabkan peninggian tekanan cairan LCS. Peninggian tekanan ini dapat diukur melalui pengukuran dengan alat yang dipasang di daerah pinggang.mata (optic disc). Oleh karena itu, dugaan adanya kanker otak dapat diketahui melalui pemerikasaan mata dengan oftalmoskop. Pada pemeriksaan ini akan terlihat bagian optic disc bengkak dan keruh. Baca juga : Pengobatan Kanker Otak Terampuh

Oleh karena itu, seseorang yang sering menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang panjang akan mengalami lemah otak, akibat semakin banyaknya sel saraf yang rusak karena radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan ponsel tersebut.
Tentu hal tersebut yang telah dijelaskan di atas terjadi pada kita maupun anak anak kita bukan? Oleh karena itu marilah kita batasi dan gunakan ponsel kita dengan wajar dan tidak berlebihan, sebisa mungkin gunakan handsfree agar tidak terlalu dekat dengan benda yang menghasilkan sinyal radiasi berbahaya tersebut.

Sumber : cnn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *